3 Sindikat Skimming ATM Diringkus, Setahun Beraksi Bisa Raup 17 Miliar dari Uang Nasabah

Rahmawati Annisa - Kamis, 16 September 2021, 11:00 WIB

3 Sindikat Skimming ATM Diringkus, salah satunya yakni warga negara asing Rusia dan Belanda3 Sindikat Skimming ATM Diringkus, salah satunya yakni warga negara asing Rusia dan Belanda/Pixabay/teguhjatiperas

FIXPALEMBANG.COM - Baru-baru ini publik dibuat heboh dengan pembobolan mesin ATM yang beraksi menggunakan blank card.

Adanya laporan dari tindakan kejahatan ini, Polda Metro Jaya berhasil meringkus tiga orang yang tergabung dalam sindikat skimming ATM untuk menguras uang nasabah di salah satu bank BUMN di Jakarta.

Dua dari tiga pelaku ini merupakan warga negara asing yakni FK (asal Rusia), NG (asal Belanda), dan RW (WNI).

Baca juga: Oknum Guru Pesantren di Ogan Ilir Cabuli 12 Murid Laki-laki

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan para tersangka beraksi menggunakan blank card dan alat khusus untuk merekam data nasabah.

"Jika blank card sudah terisi kemudian diserahkan ke pelaku ini untuk mengambil uang di ATM, rata-rata ATM nya ada di Bekasi dan Jakarta yang sudah ditentukan si pengendali yang DPO ini. 

Si RW ini yang berperan sebagai rekening penampung mengenal DPO saat di rutan Salemba karena kasus narkoba," tutur Yusri di Polda Metro Jaya, Rabu 15 September 2021.

Dalam hal ini, Yusri menyebut para tersangka mendapatkan jatah atau bagian sebesar 20 persen dari uang nasabah yang berhasil diambil.

Editor: Rahmawati Annisa

Sumber: PMJ News

tags
Artikel Rekomendasi