5 Hektar Lahan Gambut Terbakar di Ogan Ilir, Satgas Gabungan Darat Lakukan Mopping Up

Alen - Minggu, 1 Agustus 2021, 16:25 WIB

Petugas BPBD Ogan Ilir berupaya melakukan pemadaman darat karhutlaPetugas BPBD Ogan Ilir berupaya melakukan pemadaman darat karhutla/BNPB/BPBD Kabupaten Ogan Ilir

FIXPALEMBANG.COM - Seluas 5 hektar lahan gambut terbakar di wilayah Desa Pulau Semambu dan Desa Palem Raya, Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan pada Sabtu 31 Juli, pukul 08.00 WIB.

Kejadian kebakaran lahan (Karhutla) ini terjadi di lahan gambut dengan status areal penggunaan lain atau APL.

Melansir dari situs BNPB, Satuan Tugas (Satgas) Darat berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan seluas 5 hektar itu dengan melibatkan BPBD, Manggala Agni, TNI, Polri dan masyarakat setempat didukung Satgas Udara dengan water-bombing.

Baca juga: Indonesia Akui Chen Long, Matikan Langkah Anthony Ginting Dua Set Langsung

Satgas Darat berupaya mematikan api di lahan gambut menggunakan satu unit motor dengan pompa pemadam, dua kendaraan R4 tangki, empat unit mesin pompa pemadam, kendaraan pemadam Manggala Agni serta jet shutter dan sprayer. 

Sedangkan pengeboman air, Satgas Udara menggunakan tiga helikopter water-bombing.

Dalam upaya mengantisipasi potensi kebakaran lanjutan, Satgas Darat melakukan siaga terutama pada lokasi dengan titik panas dapat menjadi titik api, khususnya di lahan gambut. 

Baca juga: Wah, Keterisian Tempat Tidur di Sejumlah RS dan Pusat Isolasi COVID-19 di DKI Jakarta Menurun, Satgas IDI : Kita Masih Harus Hati-hati

Editor: Alen

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot