Disbudpar Sumsel Ajak Masyarakat Sumsel Lestarikan Warisan Budaya Melayu

Alen - Selasa, 26 Oktober 2021, 16:30 WIB

Gubernur Sumsel. H. Herman Deru yang juga ketua dunia melayu islam Indonesia, saat membuka acara Festival Budaya Melayu Sumsel dan pagelaran seni tradisi ke-2  di Ballroom Sriwijaya, Hotel Swarna Dwipa Palembang, Selasa 26 Oktober 2021Gubernur Sumsel. H. Herman Deru yang juga ketua dunia melayu islam Indonesia, saat membuka acara Festival Budaya Melayu Sumsel dan pagelaran seni tradisi ke-2 di Ballroom Sriwijaya, Hotel Swarna Dwipa Palembang, Selasa 26 Oktober 2021/FIXPALEMBANG

FIXPALEMBANG.COM - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan (Disbudpar Sumsel) kembali menggelar Festival Budaya Melayu Sumsel dan pagelaran seni tradisi ke-2  di Ballroom Sriwijaya, Hotel Swarna Dwipa Palembang, Selasa 26 Oktober 2021. 

Tema kali ini mengangkat tentang Peran Seni dan Budaya dalam Kehidupan Masyarakat di Sumatera Selatan. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Aufa Syahrizal Sarkomi mengatakan bahwa, penyelenggaraan even ini adalah upaya pemerintah provinsi untuk mengajak masyarakat khususnya kaula muda agar sadar bahwa Sumsel merupakan rumpun melayu yang besar sehingga perlu perhatian bersama untuk mempertahankan warisan yang telah tumbuh dari dulu hingga saat ini.

Baca juga: Bincang-Bincang Podcast Riset & Inovasi Bina Darma, CEO Aplikasi Return Ajak Masyarakat Atasi Limbah Sampah Plastik

“Tadinya kami ingin kegiatan melibatkan beberapa provinsi tetangga yang juga serumpun, namun karena kondisi pandemi jadi untuk sementara kami cukup melaksanakan kegiatan seperti ini," kata Aufa.

Nantinya kata Aufa, kegiatan yang akan rutin digelar setiap tahun ini akan fokus pada seluruh kebudayaan melayu yang ada di 17 kabupaten dan kota yang ada di Sumsel dengan  penyelenggaraan secara bergilir.

“Setelah pandemi ini usai, kedepan kita akan melakukan penyelenggaraan bergilir di setiap kabupaten/kota, mengingat Sumsel ini punya banyak warisan budaya dan kesenian melayu yang harus digencarkan dengan promosi seperti ini, bahkan tidak menutup kemungkinan nanti kita juga akan turut mengundang negara-negara tetangga yang juga memiliki rumpun melayu, seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan Brunei Darussalam," ungkap Aufa.

Baca juga: Jelang Nataru, Pemerintah Waspadai Varian Baru Corona AY.4.2 dari Inggris

Editor: Alen

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot