Harga Tes PCR Indonesia Lebih Mahal dari India, Kemenkes Beri Jawaban Ini!

Rahmawati Annisa - Jumat, 13 Agustus 2021, 19:00 WIB

Harga tes PCR Indonesia diklaim lebih mahal daripada IndiaHarga tes PCR Indonesia diklaim lebih mahal daripada India/Pixabay/Annet Klinger

FIXPALEMBANG.COM - Adanya informasi yang harga tes PCR Indonesia lebih mahal dibanding dengan India membuat ramai jagat media sosial. 

Ramai ramai para warganet hingga publik figur seperti Tompi juga turut menyoroti mahalnya harga tes PCR tersebut. 

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akhirnya buka suara dan menyebut penetapan harga tes PCR telah didiskusikan dengan beberapa pihak.

Baca juga: Dr. Tirta Tolak Mentah-mentah Usulan Menteri Perdagangan yang Wajibkan Pengunjung Mall Tes PCR

"Pada waktu penetapan SE terkait PCR tentunya telah melewati konsultasi dengan sejumlah pihak, salah satunya auditor. Sehingga Kemenkes tidak melakukan penetapan harga sendiri, sama halnya dengan penetapan HET obat," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Kementerian Kesehatan, Situ Nadia Tarmidzi, Jumat 13 Agustus 2021.

Lebih lanjut, Siti Nadia menjelaskan pihaknya terbuka akan segala kritik dan saran, termasuk dengan kemungkinan mengubah harga tes PCR di Indonesia.

"Prinsipnya kami terbuka dengan berbagai masukan. Bahkan bila perlu, kita akan lakukan evaluasi terkait dengan harga PCR," terangnya.

Sebagai informasi, dikutip dari laman India Today, pemerintah India memutuskan untuk menurunkan harga tes untuk mendeteksi virus Covid-19 tersebut. 

Editor: Rahmawati Annisa

Sumber: PMJ News

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot