Mendagri Minta Realisasi Belanja APBD Tahun 2021 Minta Dipercepat, Ada Apa?

Alen - Selasa, 23 November 2021, 11:38 WIB

Mendagri Tito Karnavian saat memimpin Rapat Koordinasi Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah Tahun 2021 bersama Menteri Keuangan dan Pemda secara virtual, Senin 22 November 2021Mendagri Tito Karnavian saat memimpin Rapat Koordinasi Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah Tahun 2021 bersama Menteri Keuangan dan Pemda secara virtual, Senin 22 November 2021/Doc: Kemendagri

FIXPALEMBANG.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian secara tegas meminta pemerintah daerah (Pemda) mempercepat realisasi belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2021. 

Hal itu disampaikan Mendagri saat memimpin Rapat Koordinasi Evaluasi Penyerapan Anggaran Daerah Tahun 2021 bersama Menteri Keuangan dan Pemda secara virtual, Senin 22 November 2021.

Melansir situs Kemendagri bahwa percepatan realisasi APBD yang dimaksudkan Mendagri tidak terlepas dari salah satu arahan Presiden Joko Widodo belum lama ini. 

Baca juga: Park Shin Hye dan Choi Tae Joon Umumkan Pernikahan dan Kehamilan

Demikian pula dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), realisasi belanja APBD juga berperan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi secara nasional. 

Adpaun alasannya, kata Mendagri, belanja daerah mengakibatkan uang beredar di tengah masyarakat.

Dampaknya, daya beli dan konsumsi di tingkat rumah tangga juga akan meningkat. Selain itu, belanja APBD juga dapat menstimulus pihak swasta yang keuangannya tengah mengalami kontraksi akibat pandemi Covid-19.

Baca juga: Literasi Digital Madrasah, Lahirkan Guru Adaptif

Editor: Alen

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot