Pemerintah Keluarkan UU HPP, Menkeu: Atasi Disrupsi COVID-19

Alen - Jumat, 19 November 2021, 17:32 WIB

Menkeu Sri Mulyani memberikan keterangan pers usai mengikuti SKP, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin  17 November 2021 soreMenkeu Sri Mulyani memberikan keterangan pers usai mengikuti SKP, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 17 November 2021 sore/Humas Setkab/Agung

FIXPALEMBANG.COM - Dalam rangka mengatasi disrupsi atau syok yang luar biasa akibat COVID-19, pemerintah mengeluarkan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP).

“Pajak merupakan instrumen yang utama dan penting di dalam mengelola sebuah negara dan sebuah perekonomian. Oleh karena itu, memang pajak ini menjadi sebuah instrumen yang harus betul-betul dirancang dan dilaksanakan dan dikelola dengan baik,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam Kick Off Sosialisasi UU HPP, Jumat 19 November 2021. 

Sri Mulyani menjelaskan, pemerintah menggunakan instrumen APBN dalam rangka untuk menyehatkan ekonomi, baik dari sisi pajak, bea dan cukai, penerimaan negara bukan pajak (PNBP), belanja, serta pembiayaan.

Baca juga: Cabor Hockey Akan Perebutkan 15 Medali di Porprov OKU Raya

“Dari sisi pajak, harus melakukan fungsi yang multidimensi. Di satu sisi, kita minta pajak untuk mengumpulkan penerimaan agar APBN yang sehat, ekonominya sehat. Namun di sisi lain, kita juga minta pajak memberikan insentif. Jadi dalam hal ini, memang pajak menjadi dimensinya kompleks. Harus mengumpulkan penerimaan, tapi harus juga peka dan sensitif serta responsif terhadap kebutuhan ekonomi,” ujar Menkeu.

UU HPP juga membuat sistem perpajakan memiliki tata kelola makin baik, berkeadilan, dan berkepastian hukum.

Selain, UU HPP dinilai akann mampu meningkatkan kepatuhan sukarela dari wajib pajak.

“Kita mengharapkan sistem pajak menjadi makin efisien, netral, fleksibel, efektif, dan adil, dan memberikan kepastian, serta kesederhanaan bagi perekonomian, terutama para pembayar pajak, dan memiliki prediktabilitas atau stabilitas,” ujarnya.

Editor: Alen

Sumber:

tags
Artikel Rekomendasi
terpopuler
sorot