Cara Cek Travel Umroh Yang Terdaftar di Kemenag

Cara Cek Travel Umroh Yang Terdaftar di Kemenag.

Ibadah Umroh menjadi hal yang diimpikan oleh setiap umat muslim di berbagai belahan dunia manapun berada, termasuk Indonesia sendiri. Dan untuk melaksanakannya, bisa kapan saja, tidak terikat oleh waktu.

Namun untuk melaksanakannya, kita perlu bantuan dari agen Travel umroh. Berbicara tentang layanan tersebut, kita harus bijak dalam memilih dan memilah mana biro yang benar-benar bisa memberi keamanan serta kenyamanan kepada setiap calon jama’ahnya.

Untuk itu, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu Travel umroh yang sudah terdaftar di Kemenag. Karena biro yg sudah memiliki ijin operasional dari pihak pemerintah, dipastikan telah bersifat sah secara hukum.

Hal basic seperti ini sudah sepatutnya diketahui oleh setiap umat muslim di Indonesia. Pasalnya, animo agama Islam di Tanah Airuntuk menunaikan ibadah ke Baitullah terbilang sangat besar.

Sebagai salah satu wilayah negara yang mayoritas masyarakatnya beragam Islam, tidak heran jika Tanah Air ini memiliki banyak travel umroh yang tersebar di berbagai kota maupun daerah.

Namun banyaknya agen travel umroh tidak serta merta memberikan benefit bagi para calon jamaah. Karena seperti kita lihat, kasus penipuan yang menawarkan perjalanan ke tanah suci masih cukup sering dijumpai di Tanah Air.

Sebagai bentuk kewaspadaan guna menghindari hal-hal tidak diinginkan, mencari tahu informasi seputar travel umroh merupakan cara bijak yang wajib kita lakukan.

Jangan mudah tergiur dengan biaya umrah yang sangat murah tanpa melihat izin resmi PPIU dari Kemenag. Karena dengan begitu, kita akan mendapatkan keamanan, kenyamanan serta perlindungan dari pemerintah.

Apa Itu PPIU

Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomer 8 Tahun 2019, disebutkan bahwa PPIU merupakan singkatan dari Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah.

Dan ini adalah sebuah Biro perjalanan wisata (BPW) yang mendapatkan izin dari Kementerian untuk membantu masyarakat menyelenggarakan ibadah umroh ke Tanah Suci.

Dengan PPIU dipastikan akan memberikan jaminan kemudahan usaha, termasuk itu dalam sektor keagamaan, terutamanya perjalanan ibadah umrah serta haji khusus.

Jadi, setiap biro perjalanan wisata atau travel umroh, akan mendapatkan nomor akreditasi PPIU sebagai tanda bahwa perusahaan tersebut legal di Indonesia.

Jadi buat kamu yang ingin melakukan perjalanan umrah ke Tanah Suci, sebelum memutuskan mendaftar ke salah satu Travel Umroh, supaya memastikan terlebih dahulu izin PPU agen tersebut. Guna untuk menghindari terjadinya hal tidak diinginkan.

Sesudah memahami apa itu PPIU, lantas bagaimana cara kita mengetahui, apakah Travel Umroh yang akan kita gunakan sudah resmi berbadan hukum atau belum? Jawabannya sangat mudah, dengan menggunakan layanan dari aplikasi Umrah Cerdas.

Aplikasi Umrah Cerdas

Cara Cek Travel Umroh Yang Terdaftar di Kemenag
Foto By Download Umrah Cerdas

Umrah Cerdas adalah salah satu Aplikasi Smartphone yang sengaja dirancang untuk membantu masyarakat dalam mengecek izin resmi dari sebuah Travel Umroh.

Jadi, dengan Umrah Cerdas, masyarakat tidak perlu kuatir lagi. Sebab daftar travel umrah yang sudah terdaftar di aplikasi tersebut adalah sebuah biro perjalanan yang telah memiliki izin operasional sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Dengan adanya aplikasi pengecekan tersebut yang diluncurkan pada November 2016 lalu, diharapkan tak ada lagi calon jamaah yang tertipu pada layanan oknum abal-abal.

Ditambah lagi, untuk menggunakan aplikasi Umrah Cerdas sangat mudah. Kamu cukup unduh di Smartphone milikmu baik melalui platform PlayStore Androidmu atau App Store Iphone.

Fitur Aplikasi Umrah Cerdas

Foto By Fitur Umrah Cerdas

Nah, kamu sudah unduh Aplikasi Umrah Cerdas di smartphone-mu? Sebelum lanjut cek izin Travel Umrah yang akan digunakan, kita kenalan dulu dengan fitur-fitur pada aplikasi dari Kemenag ini yuk!

Dalam aplikasi Umrah Cerdas memuat beberapa fitur, antara lain sebagai berikut:

  • PPIU
Foto By PPIU

PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh) adalah sebuah fitur yang menampilkan sederet daftar travel-travel berizin secara resmi dari Kemenag.

Jadi, ketika kamu ingin berangkat Umroh, bisa mencari agen travel yang memiliki izin resmi pada fitur Umroh Cerdas satu ini. Sehingga kemungkinan penipuan tidak akan terjadi.

  • PIHK
Foto By PIHK Umrah Cerdas

PIHK ini adalah fitur Umrah Cerdas kedua yang menampilkan daftar – daftar Biro Perjalanan yg sudah mendapatkan izin resmi dari Kementerian Agama Untuk menyelenggarakan Ibadah Haji Khusus.

  • Nomor Porsi Umroh

Nah, dengan fitur satu ini memuat tentang nomor porsi umroh yang sudah terdaftar.

  • Regulasi
Foto By Regulasi

Regulasi adalah sebuah fitur yang mana didalamnya berisi tentang peraturan Menteri Agama serta perundang-undangan terkait ibadah Haji & Umroh.

  • Pengaduan

Nah, untuk fitur satu ini dikhususkan buat kamu yang memiliki masalah dengan keberangkatan umroh ataupun lainnya. Jadi, intinya menjadi wadah tanya jawab atau pengaduan.

  • Berita

Sesuai dengan nama fiturnya, disini kamu bisa update berita-berita terbaru dan terkini terkait ibadah Haji & Umroh. Entah itu tentang bagaimana keadaan jamaah di Tanah Suci ataupun lainnya.

  • Doa
Foto By Doa

Fitur selanjutnya ini isinya memuat tentang doa-doa pilihan untuk ibadah Umroh, mulai dari niat, bacaan-bacaan ketika melakukan umrah dan lainnya.

  • Sanksi

Fitur ini berisi tentang daftar sanksi yang akan diterima oleh agen travel jika mereka melakukan kesalahan. Punishment yg diberikan sesuai dengan peraturan yg sudah ditetapkan oleh pemerintah.

  • Unduhan

Terakhir ada unduhan. Nah, pada fitur ini memuat tentang doa ataupun lainnya yang sudah kita download. Kamu bisa menggunakannya meskipun jaringan dalam keadaan offline.

Langkah Cek Izin Travel

Nah, setelah mengetahui apa saja fungsi fitur-fitur tersedia di Umrah Cerdas, sekarang kita akan bahas tentang bagaimana langkah-langkah pengecekan izin dari sebuah Travel Umroh pada aplikasi tersebut.

Dan berikut adalah langkah-langkah selengkapnya:

1. Silahkan buka aplikasi Umrah Cerdas pada smartphone kamu

Foto By Pilih Menu PPIU

2. Kemudian pada tampilan beranda, akan muncul beberapa pilihan fitur-fitur seperti yang sudah kita bahas diatas sebelumnya. Setelah itu, pilih menu PPIU.

3. Selanjutnya, pada kolom pencarian, silahkan ketik nama Agen Travel Umroh yang ingin kamu cek izin resminya.

Foto By Cek Izin Travel

4. Jika travel Umroh yang kamu cari sudah terdaftar secara resmi, maka akan tampil hasil seperti berikut, termasuk Nomer SK, Tanggal, Nama Direktur, Nilai Akreditasi, Alamat dan Cabang.

Foto By Hasil Cek

Itulah tadi langkah-langkah atau cara cek Travel Umroh Yang Terdaftar di Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) melalui aplikasi Umrah Cerdas.

Aplikasi Umroh Cerdas tersebut merupakan sebuah platform resmi dari Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh. Jadi tidak usah khawatir soal keakuratan, karena informasi yang ada terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan.

Dan aplikasi Umrah Cerdas bisa menjadi jawaban paling tepat untuk jamaah yang tak ingin terjebak dalam layanan agen travel umroh abal-abal atau oknum nakal yg tidak bertanggung jawab.

Dan semoga dengan adanya Cara Cek Travel Umroh Yang Terdaftar di Kemenag melalui aplikasi Umrah Cerdas tersebut, dapat menambah wawasan kamu para calon jamaah tentang dunia umroh dan haji, termasuk doa-doa, panduan, sanksi, serta agen travel terpercaya yang sudah mendapatkan izin resmi dari Kemenag.

Oke, sekian informasi cara cek Travel Umroh yang terdaftar di Kemenag. Semoga bisa menambah wawasan kamu!